Pages

Minggu, 20 April 2014

Resensi Buku " Heldy Cinta Terakhir Bung Karno"


IDENTITAS


Penulis Buku: Ully Hermono dan Peter Kasenda
Jumlah Halaman:  xviii + 254 halaman
Tebal Buku:  14cm x 21cm
ISBN: 978-979-709-579-6
Harga buku: Rp. 48.000
Penerbit: Kompas
Tahun Terbit: Juni 2011
Perancang Sampul: AN Rahmawanta
Foto Sampul: Dok. Guruh Sukarno Putra dan Heldy Djafar

SINOPSIS




Riwayat hidup dan cinta Heldy Djafar, perempuan terakhir yang dinikahi Bung Karno di penghujung masa kekuasaannya. Siapa sesungguhnya Heldy yang kemudian juga memiliki hubungan dengan Keluarga Cendana?



Buku ini menarik karena berisi  kisah cinta seorang perempuan belia dengan “orang besar“ yang lebih layak menjadi ayahnya. Percintaan terjadi dalam pusaran sejarah di senjakala sebuah orde yang tenggelam secara tragis pada 1965/1966. Sebagai pelaku dan saksi zamannya, Heldy—kini 64 tahun—mengisahkan, bagaimana Bung Karno "masih" mampu jatuh cinta di usia 64 tahun dan memperistri dirinya yang ketika itu berusia 18 tahun. Sebuah keunikan yang luar biasa.        

Meski ini bukan buku sejarah, kisah di dalamnya mengguratkan dimensi lain biografi Bung Karno, yang belum banyak diketahui. Kisah cinta ini membangkitkan rasa ingin tahu dan fantasi tentang bagaimana hubungan dua insan yang terpaut jauh dari segi usia, namun bersatu dalam hubungan suami istri. Rasa penasaran juga muncul saat membaca bagian cerita mengenai masa "pacaran", yang berlangsung selama setahun sebelum keduanya akhirnya menikah.        

Kedua penulis berhasil merekonstruksi potongan dan lintasan ingatan menjadi kisah kenangan yang enak dibaca. Gurat pengalaman yang sangat pribadi ternyata dapat disuguhkan dengan elok seperti dalam buku ini. "Takdir sejarah" telah membawa Heldy menjadi bagian dari dan ikut mewarnai kehidupan Presiden Pertama Republik ini.        

KELEBIHAN 
Kita menjadi tahu sejarah tentang kisah cinta dari Heldy dan Bung Karno, mengetahui perjuangan dari Bung Karno untuk mendapatkan cintanya Heldy. Dan didalam buku ini terdapat koleksi foto dokumentasi yang lengkap. Kita jadi tahu sisi lain dari Bung Karno.

KEKURANGAN 
Menurut saya kekurangan dari buku ini, di penyusunan kalimat masih ada yang kurang pas.


RATING
3.09 of 5 stars

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar