Pages

Senin, 22 Oktober 2012

ciri, unsur,dan Teori organisasi


Ciri-ciri organisasi
     Setiap organisasi pasti memiliki ciri-ciri untuk membedakan antara organisasi yang satu dengan yang lain. Tetapi biasanya ada juga yang memiliki sedikit kesamaan didalam organisasi tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri dari organisasi: 

1. Lembaga sosial yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.

2.   Dikembangkan untuk mencapai tujuan

3. Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun

4. Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

Unsur-unsur Organisasi
 Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu,dengan adanya anggota didalam suatu organisasi maka akan ada visi dan misi untuk dapat menjadi suatu pandangan serta merumuskan upaya-upaya untuk mewujudkan suatu visi. adanya wewenang yang merupakan hak bertindak setiap orang dalam melaksanankan tugas-tugasnya. Dan yang tidak kalah pentingnya organisasi harus benar-benar menjadi wadah untuk bekerja sama antara satu dengan yang lain.

 Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
1.      Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
2.      Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
3.      Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
4.      Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.

Organisasi adalah itu suatu tempat dimana seseorang dapat berkumpul dan memberikan pendapat untuk menjadi lebih baik dalam mencapai suatu harapan yang telah direncanakan.. Pengertian tempat di sini dalam arti yang konkrit, tetapi dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian tempat sini adalah dalam arti fungsi yaitu menampung keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi mahasiswa dan sebagainya.


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar