Ciri-ciri
organisasi
Setiap organisasi pasti memiliki ciri-ciri untuk membedakan antara
organisasi yang satu dengan yang lain. Tetapi biasanya ada juga yang memiliki
sedikit kesamaan didalam organisasi tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri
dari organisasi:
1. Lembaga sosial yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
2. Dikembangkan untuk mencapai tujuan
3. Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
4. Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.
Unsur-unsur Organisasi
Setiap
bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu,dengan adanya
anggota didalam suatu organisasi maka akan ada visi dan misi untuk dapat
menjadi suatu pandangan serta merumuskan upaya-upaya untuk mewujudkan suatu
visi. adanya wewenang yang merupakan hak bertindak setiap orang dalam
melaksanankan tugas-tugasnya. Dan yang tidak kalah pentingnya organisasi harus
benar-benar menjadi wadah untuk bekerja sama antara satu dengan yang lain.
Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
1. Harus ada wadah atau tempatnya untuk
bekerja sama.
2. Harus ada orang-orang yang bekerja
sama.
3. Kedudukan dan tugas masing-masing
orang harus jelas.
4. Harus ada tujuan bersama yang mau
dicapai.
Organisasi adalah itu suatu tempat dimana seseorang dapat
berkumpul dan memberikan pendapat untuk menjadi lebih baik dalam mencapai suatu
harapan yang telah direncanakan.. Pengertian tempat di sini dalam arti yang
konkrit, tetapi dalam arti yang abstrak, sehingga dengan demikian tempat sini
adalah dalam arti fungsi yaitu menampung keinginan kerja sama beberapa orang
untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat
berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya
organisasi buruh, organisasi wanita, organisasi mahasiswa dan sebagainya.
0 komentar:
Posting Komentar