Pages

Kamis, 15 Maret 2012

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesusastraan

Sastra , sastra itu berasal dari bahasa sansekerta “śāstra”  yang berarti teks atau bisa juga diartikan sebagai pedoman. dalam arti umum sastra adalah tulisan yang memiliki arti tertentu. sedangkan seni adalah sesuatu yang dibuat oleh manusia yang mempunyai nilai keindahan tersendiri. Peranan sastra dalam kehidupan sehari – hari itu biasanya untuk memunculkan kepedulian, keterbukaan, dan untuk menerapkan sikap yang baik berbudi pekerti luhur. Hubungannya sastra dengan Ilmu Budaya Dasar untuk menampung aspirasi masyarakat dalam bentuk tulisan , untuk berkomunikasi.
Prosa , prosa berasal dari bahasa latin yaitu “ prosa” yang artinya adalah terus terang. Biasanya prosa digunakan untuk menulis novel. Prosa dibagi menjadi dua,yaitu: prosa lama , dan prosa baru. Jenis – jenis dari prosa lama adalah dongeng, hikayat , sejarah. Jenis-jenis dari prosa baru adalah novel, biografi, autobiografi, cerpen,roman dll. Nilai nilai prosa fiksi itu seperti memberikan kesenangan terhadap para pembaca yang membaca prosa, dapat memberikan informasi.
            Puisi adalah karya sastra yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang mempunyai suatu nilai keindahan. Puisi dibagi menjadi dua yaitu puisi lama dan puisi baru. Puisi lama itu masih mengandung unsur magis,anonim. Contohnya seperti mantera,pantun,karmina,seloka,gurindam,talibun. Puisi baru dapat ditulis dengan bebas tanpa adanya keterikatan. Contohnya seperti balada,himne,ode,epigram,romance.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar